PPendidikan Masa Kini: Berbagi Pengetahuan Menuju Masa Depan

Senin, 09 April 2012

PERBANDINGAN PENDIDIKAN MESIR-INDONESIA


Oleh : Atrisna (Guru MAN Muara Enim)


A.  Pendahuluan

              Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi  yang baik sehingga akan berdampak bagi negara dan bangsa yang lebih maju. Setiap negara menyelenggarakan pendidikan sebagai upaya untuk membangun bangsa. Mesir terletak di bagian timur laut benua afrika dan semenanjung sinai di barat daya benua Asia. merupakan negara yang fokus pada sektor pendidikan untuk memajukan negaranya. 
             Mesir memiliki sistem pendidikan secara keseluruhan terbesar di Timur Tengah dan telah berkembang dengan pesat sejak awal 1990-an. Dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Mesir telah diberikan prioritas yang lebih besar dalam memperbaiki sistem pendidikan. Menurut Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Mesir menempati peringkat 116 di IPM. Dengan bantuan Bank Dunia dan organisasi-organisasi multilateral lainnya Mesir bertujuan untuk meningkatkan akses pada perawatan anak usia dini dan pendidikan serta masuknya ICT di semua tingkat pendidikan, terutama pada tingkat tersier.
              Berdasarkan alasan di atas, dilakukan Perbandingan pendidikan antara Mesir dan Indonesia.  Perbandingan Pendidikan merupakan suatu kegiatan  menganalisa dua hal atau lebih untuk mencari kesamaan- kesamaan dan perbedaan-perbedaannya. Dengan demikian maka studi perbandingan pendidikan ini adalah mengandung pegertian sebagai usaha menganalisa dan mempelajari secara mendalam dua hal atau aspek dari sistem pendidikan, untuk mencari dan menemukan kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dari kedua hal tersebut.
B.      Pembahasan
A.                                                           Sistem Pendidikan di  Negara Mesir
1.   Jenjang Pendidkan di Negara Mesir
Sistem pendidikan Mesir sangat sentralistik, dan dibagi menjadi tiga tahap:
a.  Pendidikan Dasar (Arab: التعليم الأساسى, transliterasi: al-Ta aleem al-ʿ Asassī) terdiri dari Tahap primer dan tahap persiapan.   Untuk pendidikan dasar 4-14 tahun: TK selama dua tahun diikuti oleh sekolah dasar selama enam tahun dan sekolah persiapan selama tiga tahun.
b. Pendidikan Menengah (Arab: التعليم الثانوى, transliterasi: al-Ta aleem al-ʿ Thanawī) .  Sekolah menengah tahap selama tiga tahun, untuk usia 15-17.
c.   Pasca Pendidikan Menengah (Arab: التعليم الجامعى, transliterasi: al-Ta aleem ʿ al-ʿ Gamme ī)
1)  Pendidikan Dasar
Pendidikan di Mesir wajib dilakukan selama 9 tahun akademik antara usia 6 dan 14. Selain itu, semua tingkat pendidikan bebas dalam menjalankan pemerintahan sekolah. Menurut Bank Dunia, terdapat perbedaan besar dalam pencapaian pendidikan yang kaya dan yang miskin, yang biasa dikenal sebagai "kesenjangan kekayaan." Meskipun rata-rata tahun sekolah diisi oleh orang kaya dan miskin hanya satu atau dua tahun,  tetapi kesenjangan kekayaan mencapai setinggi sembilan atau sepuluh tahun.
Pada tahun 1999-2000 angka partisipasi total pra-siswa SD adalah 16 persen dan meningkat menjadi 24 persen pada tahun 2009. Terlepas dari swasta atau negara dijalankan, semua lembaga prasekolah berada di bawah Departemen Pendidikan. Adapun tugas Departemen yaitu untuk memilih dan mendistribusikan buku pelajaran. Menurut Departemen pendidikan, pedoman ukuran maksimum prasekolah tidak boleh melebihi  dari 45 siswa. Departemen Pendidikan juga mendapat dukungan dari lembaga internasional seperti Bank Dunia untuk meningkatkan sistem pendidikan anak usia dini dengan meningkatkan akses ke sekolah-sekolah, peningkatan kualitas pendidikan dan membangun kapasitas para guru.  Lapis kedua wajib pendidikan dasar adalah tahap persiapan menengah pertama atau tiga tahun yang lama. Pentingnya menyelesaikan tingkat pendidikan ini adalah untuk menjaga siswa terhadap buta huruf sebagai awal drop out  pada tahap ini mudah surut ke buta huruf dan akhirnya kemiskinan.

2).  Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah terdiri dari tiga lintasan: umum, kejuruan / teknis dan dualsystem.  Pendidikan kejuruan yang mewakili sekolah Kohl i Mubarak. Tahap sekunder umum mencakup 3 tahun pendidikan, sedangkan menengah kejuruan lagu bisa selama 3-5 tahun dan 3 tahun untuk sistem ganda masukkan pendidikan ke kejuruan tingkat menengah, para siswa harus lulus ujian nasional yang diberikan pada akhir tahap sekunder. Pada tahun 2004, 77,3 persen siswa yang menyelesaikan tahap persiapan diperkirakan akan didaftarkan dalam tingkat sekunder pendidikan ini, mahasiswa memiliki penilaian formatif dan sumatif selama tahun pertama dan rata-rata akhir tahun ujian standar nasional untuk tahun kedua dan tiga kualifikasi para siswa untuk mengambil Sertifikat Pendidikan Menengah Umum-Thanawiya Amma, yang merupakan salah satu persyaratan untuk masuk ke universitas.
3).  Pendidikan Tinggi
Sistem Pendidikan Tinggi Mesir memiliki sistem pendidikan tinggi yang sangat luas. Sekitar 30% dari semua orang Mesir dalam kelompok usia yang relevan pergi ke universitas Menurut The Economist, standar pendidikan di universitas publik Mesir "bukan main". Departemen Pendidikan Tinggi mengawasi tingkat pendidikan tersier. Dalam sistem pendidikan saat ini, ada 17 universitas umum, 51 publik lembaga non-universitas, 16 perguruan tinggi swasta dan 89 perguruan tinggi swasta. Dari 51 lembaga non-universitas, 47 tahun dua-tengah lembaga teknis (MTIs) dan empat adalah 4-5 tahun lembaga teknis yang lebih tinggi]. Kohort pendidikan tinggi diperkirakan akan meningkat mendekati 6 persen (60,000) siswa per tahun khususnya tahun  2009 .
2.  Jenis-jenis Pendidikan di Negara Mesir
a.  Sistem pendidikan Formal
Sistem pendidikan Mesir mempunyai dua struktur parallel:Struktur sekuler dan struktur keagamaan Al Azhar.  Struktur sekuler diatur oleh kementerian Pendidikan.  Struktur Al Azhar dilaksanakan oleh kementerian urusan al azhar, ini sering juga disebut Kementerian agama di negara-negara lain.  Selain dari kedua struktur ini, ada pula jenis sekolah yang diikuti oleh sejumlah kecil anak-anak.  Misalnya, anak-anak cacat masuk ke sekolah-sekolah khusus; bagi yang ingin menjadi militer masuk ke sekolah militer, dan ada pula generasi muda yang meninggalkan sekolahnya dan mendaftar pada program-program nonformal yang diselenggarakan oleh berbagai badan atau lembaga.
Diagram di bawah ini menunjukkan kedua struktur pendidikan formal Mesir.


Al Azhar
University
 


16
15
14
13
12

11
10
9

8
7
6

5
4
3
2
1
 

21
20
19
18

17
16
15

14
13
12

11
10
9
8
7
6

5

 

University
 
                                                            Teacher-Training college
                                                                                  Five-year vocational

Religious school
 
                                                                                                  School


 
                                  General
                                  Secondary
                                  School


 
                            Preparatory school
                                                                                     
                                  Primary school                             Eight years
                                                                                      school








 


             Grade
    Age
            100 percent of an age group

1).  Sistem Sekolah Sekuler
Pendidikan wajib di Mesir berlaku sampai Grade 8 dan ini dikenal sebagai pendidikan dasar.  Ada pendidikan taman kanak-kanak dan play group yang mendahului pendidikan dasar, tetapi jumlahnya sangat kecil dan kebanyakan berada di kota-kota.  Pendidikan dasar ini dibagi menjadi dua jenjang.  Jenjang pertama yang dikenal dengan Sekolah Dasar mulai dari Grade 1 sampai Grade 5, dan jenjang kedua, yang dikenal dengan sekolah persiapan, mulai dari grade 6 sampai Grade 8.  Sekolah persiapan ini baru menjadi pendidikan wajib dalam tahun 1984, sehingga nama “sekolah persiapan” tidak tepat lagi.
Setelah mengikuti pendidikan dasar selama delapan tahun, murid-murid punya empat pilihan:Tidak bersekolah lagi, memasuki sekolah menengah umum, memasuki sekolah teknik menengah tiga tahun, atau memasuki sekolah teknik lima tahun.  Pada sekolah menengah umum, tahun pertama (Grade 9) adalah kelas bersama.  Pada grade 10 murid harus memilih antara bidang sains dan nonsains (IPA vs Non-IPA) untuk Grade 10 dan 11.
Pendidikan tinggi di universitas dan institusi spesialisasi lainnya mengikuti pendidikan akademik umum.  Pendidikan pada sebagian lembaga perguruan tinggi berlangsung selama dua, empat atau lima tahun tergantung pada bidang dan program yang dipilih.  Semenjak tahun 199, Sebagian tamatan sekolah teknik dibolehkan melanjutkan ke pendidikan tinggi. 
Pertambahan penduduk yang begitu cepat di Republik Arab Mesir, berdampak meningkatnya tuntutan atas pendidikan, dan seterusnya, meningkat pula jumlah murid.  Peningkatan jumlah murid ini sebagai pengaruh dari kenyataan bahwa semenjak revolusi tahun 1952, Mesir selalu berjuang memperluas pendidikan sebagai salah satu prasyarat untuk pembangunan sosial dan ekonomi.
2).  Sistem Sekolah Al-Azhar
Sistem sekolah Al Azhar hampir sama dengan sistem sekolah sekuler pada tingkat pendidikan dasar.  Perbedaannya  ialah bahwa pendidikan agama islam lebih mendapat tekanan.  Tetapi untuk mata pelajaran kurikulumnya seperti pada sekolah sistem sekuler.  Grade  10 dan 11 sama untuk semua murid.  Pada akhir grade 11, murid boleh memilih apakah ingin masuk ke sekolah umum dua tahun lagi, atau masuk ke sekolah agama selama dua tahun.  Pada level universitas, fakultas-fakultasnya sama dengan yang ada pada pendidikan  sekuler tetapi kurikulumnya lebih menekankan pada keagamaan.  Selanjutnya, seluruh pendidikan guru untuk pendidikan keagamaan hanya diselenggarakan dalam lingkungan sistem Al Azhar. Sekolah-sekolah Al Azhar lebih sedikit muridnya dibandingkan dengan jumlah murid sekolah sistem sekuler.  Namun pada kenyataannya lebih besar jumlah tamatan dari jalur Al Azhar yang masuk ke pendidikan tinggi dibandingkan dengan tamatan sekolah sistem sekuler.  Perlu dicatat juga bahwa tidak ada pendidikan teknik pada sistem Al Azhar.
3).  Pendidikan Vokasional dan Teknik
Upaya untuk memperluas pendidikan kejuruan (vokasional) dan pendidikan teknik dimulai tahun 1950-an.  Jumlah sekolah vokasional dan teknik meningkat dari 134 (dengan 31.800 siswa) dalam tahun 1952 menjadi 460 buah (dengan siswa 115.600) dalam tahun 1960. 
b. Pendidikan nonformal
Pendidikan non formal didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan pendidikan terencana di luar sistem pendidikan formal.  Pendidikan ini dmaksudkan untuk melayani kebutuhan pendidikan bagi kelompok-kelompok orang tertentu.  Apakah itu anak-anak, generasi muda atau orang dewasa;apakah mereka laki-laki atau perempuan, petani, pedagang, atau pengrajin;apakah mereka dari orang kay atau miskin.  Di mesir, pendidikan nonformal terutama dikaitkan dengan penghapusan iliterasi.  Dengan demikian, kebanyakan program lebih dikonsentrasikan pada pendidikan nonformal dalam aspek itu. 
Semenjak tahun 1967, Kementerian pemburuhan menyelenggarakan program penataran untuk mendidik orang-orang yang telah menamatkan pendidikan tingkat dasar, dan orang-orang yang putus sekolah formal yang berusia antara 12 dan 18 tahun.  Mereka dilatih dalam keterampilan vokasional yang cocok untuk lingkungan dan kemampuannya.  Pendidikan ini biasanya diselenggarakan selama sembilan bulan:tujuh bulan di pusat-pusat latihan vokasional, dan dua bulan di tempat-tempat unit produksi.  Para peserta latihan kemudian ditempatkan bekerja pada sektor pemerintah atau sektor swasta. 
Di bawah pengawasan Kementerian Perindustrian, ada 33  buah pusat pelatihan di berbagai governorat.  Pusat-pusat pelatihan ini menyelenggarakan program-program kilat bagi pekerja yang masih ”semiskilled” melalui pemagangan di industri-industri, dan juga meningkatkan keterampilan para teknisi.  Program bagi orang yang semiskilled ini diikuti peserta yang berusia sekitar 17 tahun dengan lama program enam bulan.  Program pemagangan dapat pula diikuti oleh murid-murid  yang telah tamat pendidikan dasar, atau mereka yang tidak akan melanjutkan pendidikannya ke sekolah  teknik.  Program pemagangan ini berlangsung selama tiga tahun. Untuk meningkatkan keterampilan karyawan, perusahaan memilih karyawan yang telah punya pengalaman kerja minimal lima tahun untuk mengikuti pelatihan teknis malam hari selama  tiga bulan.
3.  Jenis-jenis Sekolah:
Secara umum, ada dua jenis sekolah pemerintah yaitu Sekolah Arab dan Eksperimental Language Schools.
a.  Sekolah Arab,
Pemerintah menyediakan kurikulum nasional dalam Bahasa Arab. Sebuah kurikulum pemerintah bahasa Inggris diajarkan  mulai pada tahun keempat Primer dan Perancis ditambahkan sebagai bahasa asing kedua di Pendidikan Menengah.
b.  Eksperimental Language Schools, mengajar sebagian besar kurikulum pemerintah (Sains, Matematika dan Komputer) dalam bahasa Inggris, dan menambahkan Perancis sebagai bahasa asing kedua di Persiapan Pendidikan. Advanced kurikulum bahasa Inggris disediakan dalam semua tahap pendidikan. Pelajaran sosial diajarkan dalam bahasa Arab. Siswa diterima ke dalam kelas pertama pada umur tujuh; satu tahun lebih tua dari sekolah-sekolah Arab.
Secara umum, terdapat empat jenis sekolah swasta:
1). Sekolah Ordinary, kurikulum mereka sangat mirip dengan sekolah-sekolah pemerintah, tetapi sekolah-sekolah swasta lebih memperhatikan siswa kebutuhan pribadi dan fasilitas sekolah.
2. Sekolah Bahasa, sebagian besar mengajarkan kurikulum pemerintah dalam bahasa Inggris, dan menambahkan Perancis atau Jerman sebagai bahasa asing keduaMereka diharapkan menjadi lebih baik daripada sekolah-sekolah lain, karena fasilitas yang tersedia, namun biaya mereka jauh lebih tinggi. Beberapa sekolah tersebut menggunakan bahasa Perancis atau Jerman sebagai bahasa pengantar utama, tetapi mungkin sulit bagi siswa untuk belajar di universitas pemerintah dalam bahasa Arab atau Inggris sesudahnya.
3.  Sekolah Agama, adalah sekolah yang berorientasi religius sebagai sekolah Azhar.
4.  Sekolah Internasional, adalah sekolah swasta yang mengikuti kurikulum negara lain, seperti Inggris, Amerika, atau sistem Perancis, dan gelar yang diterima dari mereka mendapatkan sertifikasi resmi dari Departemen Pendidikan, untuk dapat memenuhi syarat untuk mendaftar ke universitas-universitas Mesir, seperti sekolah menawarkan bahkan lebih baik daripada fasilitas & kegiatan reguler sekolah swasta dengan biaya yang lebih tinggi, tapi dikritik akan menyediakan tingkat pendidikan jauh lebih mudah dibandingkan dengan kurikulum umum, dan beberapa universitas Mesir memerlukan nilai lebih tinggi daripada siswa sekolah reguler sebagai minimum untuk pendaftaran, atau ekstra ijazah sekolah tinggi seperti SAT. Banyak sekolah swasta yang dibangun oleh misionaris, saat ini berafiliasi dengan gereja-gereja dan memberikan pendidikan yang berkualitas. Banyak sekolah swasta yang menawarkan program pendidikan tambahan, bersama dengan kurikulum nasional, seperti Amerika High School Diploma, sistem IGCSE Inggris, Perancis baccalauréat, Abitur Jerman dan International Baccalaureate. Ini adalah jenis sekolah swasta di Mesir. Ini adalah jenis sekolah swasta di Mesir.
B.  Jenjang Pendidikan Di Indonesia
            Dalam usaha pemerataan pendidikan di Indonesia, usia wajib belajar di Indonesia dimulai sejak 6 hingga 15 tahun (wajib belajar 9 tahun)  dan pemerintah pusat serta pemerintah daerah wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan. Angka melek huruf Indonesia adalah sebesar 87,9% atau menduduki peringkat 95 dari 179 negara yang disurvei (Wikipedia, 2010).
Menurut pasal 14 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003, jenjang pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.  Untuk lebih jelasnya akan diuraikan lebih lanjut pada bagian berikut.
a)  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 
              Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Pendidikan anak usia dini dapat diselenggaraan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal, dalam bentuk Taman Kanak-Kanak, Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.                                               (pasal 28, UU SISDIKNas, 2003)           
               Pendidikan Anak Usia Dini pada jalur pendidikan non-formal berbentuk Kelompok Bermain,Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat (pasal 28, UU SISDIKNAS, 2003).  Pendidikan ini sebagai upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam  tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk  membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.   Pendidikan ini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini (Wikipedia, 2010).  

b) Pendidikan Dasar
            Menurut pasal 17 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003, pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi pendidikan menengah (UU SISDIKNAS, 2003).
Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal selama  9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pada pendidikan dasar ini pada umumnyan terbagi menjadi Sekolah Dasar (6-12 tahun) dan Sekolah Menengah Pertama (13-15 tahun).  Pada pendidikan dasar diberikan mata pelajaran yang merupakan dasar bagi pendidikan tingkat lanjutan di tingkat menengah atas.
Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat, serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.
Pada masa ini para siswa mempelajari bidang-bidang studi antara lain: Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial,  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Seni, Pendidikan Olahraga, dan lain-lain.  
        
Di akhir masa pendidikan di SD, para siswa harus mengikuti dan lulus dari Ujian Nasional (UN) untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke SMP dengan lama pendidikan 3 tahun. Pada akhir pendidikan di Sekolah Menengah Pertama juga diadakan ujian untuk menyelesaikan pendidikan 3 tahun.       
3)  Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah merupakan jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar (pasal 18, UU SISDIKNAS 2003), dengan  umur  berkisar   16-18tahun.
Pendidikan menengah terdiri atas pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan. Pendidikan menengah berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah Kjuruan (MAK), atau bentuk lain yang sederajat. Lama pendidikan menengah atas ini adalah 3 tahun.
Setiap jenjang terdapat ujian yang diselenggarakan oleh negara dibawa Kementerian Pendidikan Nasional. Ujian tersebut dilaksanakan pada akhir pendidikan disetiap jenjang yang bertujuan sebagai syarat untuk  yang melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi (ke akademi atau perguruan tinggi ).
Di Indonesia, pada Sekolah Menengah Atas, jurusan yang ada adalah jurusan Ilmu Alam, Ilmu Sosial, dan Bahasa, sedangkan di Sekolah Menengah Kejuruan banyak jurusannya. Pada Sekolah Menengah Kejuruan, dilakukan pemisahan sesuai bidangnya. Sekolah  Menengah  Kejuruan  jurusan  Otomotif,  Kimia, Teknik  Komputer, Elektronika, Gambar, Bangunan, Listrik, Bengkel, Kayu, Administrasi Perkantoran,  Akuntansi, Manajemen, Tata Boga, Tata Busana, Tata Laksana, Kecantikan, Agribisnis, Holtikultura, Perikanan, Kesenian, Musik, dan sebagainya (Kunandar, 2009).
Kenaikan kelas pada tingkat sekolah menengah dilaksanakan pada tiap akhir tahun ajaran. Pada akhir jenjang tingkat menengah, terdapat ujian nasional yang diselenggarakan oleh negara dibawah Kementerian Pendidikan Nasional. Ujian tersebut juga dilaksanakan pada akhir pendidikan disetiap jenjang yang bertujuan sebagai syarat untuk  yang melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Tetapi ujian akhir pada tingkat menengah ini belum bisa dijadikan dasar untuk masuk perguruan tinggi (Kunandar, 2009).
Selain jenjang pendidikan di atas, di Indonesia terdapat juga pendidikan lain sebagai berikut.     
1)  Pendidikan Vokasi
            Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal dalam jenjang diploma 4 setara dengan program sarjana (strata 1).
2)  Pendidikan Keagamaan
Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan tentang ajaran agama dan/atau menjadi ahli ilmu agama (pasal 30, UU SISDIKNAS 2003).
3)  Pendidikan Kedinasan
Pendidikan kedinasan merupakan pendidikan yang diselenggarakan oleh departemen atau lembaga nondepartemen( pasal 29, UU SISDIKNAS 2003). Pendidikan ini berfungsi meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam pelaksanaan tugas kedinasan bagi pegawai dan calon pegawai negeri suatu departemen atau lembaga nondepartemen.
4)  Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan jarak jauh dapat diselenggarakan pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan (pasal 31, UU SISDIKNAS, 2003). Pendidikan ini berfungsi memberi layanan pendidikan kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka atau reguler.
5)  Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus
Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif (bergabung dengan sekolah biasa) atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah (dalam bentuk Sekolah Luar Biasa/SLB) (pasal 32, UU SISDIKNAS, 2003). Pendidikan layanan khusus merupakan pendidikan untuk peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial, dan tidak mampu dari segi ekonomi.
C.    Perbandingan Pendidikan di Mesir dan Indonesia
Jenjang pendidikan di Mesir dan di Indonesia berdasarkan perkembangan usia adalah sama. Perbedaan terdapat pada penekanan pendidikan dasar, di Indonesia 9 tahun meliputi SD dan SMP, sedangkan di Mesir 8 tahun yaitu pada Primary School.
Perbandingan jenjang pendidikan
di Mesir dan di Indonesia




















C.  Penutup

1.  Sistem pendidikan Mesir sangat sentralistik, dan dibagi menjadi tiga tahap yaitu.      Pendidikan Dasar terdiri dari Tahap primer dan tahap persiapan,  Pendidikan Menengah dan  Pasca Pendidikan Menengah.
2.  Jenis pendidikan di negara Mesir terdiri dari pendidikan formal yang meliputi sistem pendidikan sekuler, sistem pendidikan Al Azhar dan sistem pendidikan vocasional, dan pendidikan non formal
3.  Jenjang pendidikan di Mesir dan di Indonesia berdasarkan perkembangan usia adalah sama. Perbedaan terdapat pada penekanan pendidikan dasar, di Indonesia 9 tahun meliputi SD dan SMP, sedangkan di Mesir 8 tahun yaitu pada Primary School.
D. Sumber Referensi
Himpunan Perundang-Undangan RI tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Kunandar, 2009. Guru Profesional.  Rajawali Pers, Yogyakarta.

Syah Nur, Agustiar.  2001.  Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara.  Penerbit Lubuk Agung.  Bandung.

http://en.wikipedia.org/wiki/Education_in_Egypt

http://www.mapsofworld.com/egypt/education/
http://countrystudies.us/egypt/71.htm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bikin komentar anda disini.......

Add to Google

Follower